Menariknya Oleh-Oleh Khas Dari Uzbekistan

Ada yang sudah pernah datang ke negara yang satu ini ? atau mungkin kalian pernah mendengar nama negara ini ? jika iya, memang benar ini merupakan negara Uzbekistan, yang merupakan negara di Asia Tenggara dan juga Eropa Timur yang selalu menjadi andalan dari beberapa negara di Eropa. Dimana negaranya ini berbatasan langsung dengan Kazakistan, Kirgizstan, hingga Turkeminestan. Untuk bahasa resmi yang digunakan oleh para penduduknya yakni bahasa Uzbek, namun masih ada perpaduan bahasa Turkik dengan Rusia. Selain letak geografisnya yang strategis, negara ini juga memiliki berbagai macam pusat perbelanjaan di negaranya tersebut. jika kalian sedang berkunjung dan sekedar menghabiskan waktu libur kalian, jangan lupa mengunjungi beberapa kota seperti ; Chorsu Bazar. Dimaan kalian bsia menemukan banyak sekali keanekaragaman yang di perjual belikan di kota tersebut.

Setiap kali kita mengunjungi kota-kota yang ada di seluruh negara, pastinya kita pulang akan membawa buah tangan dong, yakali kita pulang tangan kosong, aduhhhh malu pasti hehehe. Tradisi membawa buah tangan dan dibagikan ke orang-orang terdekat memang sudah membudidaya di lingkungan hidup kita ini. dimana ini sebagai salah satu bentuk rasa syukur karena telah diberi keberkahan untuk bisa mengenal negara lain, sekaligus membuat orang lain juga ikut merasakan kebahagiaan dari apa yang telah kalian lakukan selama melakukan liburan di negara tersebut.

Makad ari itu, ketika kalian selesai dan tinggal berkemas untuk pulang ke Indonesia lagi, jangan lupa dari jauh-jauh hari kalian sudah mempersiapkan untuk membeli oleh-oleh yang memang menjadi ciri khas dari negara Uzbekistan ini. tapi apa kalian tahu, oleh-oleh apa saja yang khas di perjual belikan untuk sbobet88 wisatawan ? .. berikut ini bisa kalian cek oleh-oleh khas yang bisa kalian bawa pulang ke Indonesia.

Oleh-Oleh Uzbekistan Yang Terkenal

# Keramik

“Hah, keramik ? gak salah tuh ? yah, di Indonesia juga ada kali!” mungki ini pertanyaan yang ada di pikiran kalian semua, karena memang di Uzbekistan sendiri keramik dijadikan buah tangan untuk wisatawan beli dan bawa kerumahnya amsing-masing. Terlihat seperti biasa saja, atau standar saja , toh yang namanya keramik di indonesia juga banyak dan gak akan takut kehabisan. Namun, disini keramik yang dijual oleh orang-orang Uzbekistan berbeda dari apa yang baisanya di jual di Indonesia. “lah kok bisa ?”, “mana ada?.

Tentu saja ada dan memang bisa!!.. disini kalian akan menemukan banyak keramik yang akan dijualkan ke kalian selaku wisatawan, dengan di setiap kotanya itu memiliki keunikan tersendiri. Bisa kalian ambil contoh ketika kalian mengunjungi kota Lembah Fergana. Dimana dalam hal ini kalian akan menemukan para pengrajin keramik yang menggunakan bahan glasir biru dengan sebutan bagi orang Uzbekistan yakni Ishkor.

Dimana untuk Ishkor ini sendiri merupakan keramik yang memang di desain berwarna biru yang khusus. Beda lagi jika kalian datang ke kota Gijduvan, dengan dimana kalian akan menemukan keramik yang memiliki warna dasar kuning hingga warna dasar cokelat dengan memiliki tema hijau & biru.

# Logam & Kayu Yang Diukir

Kalian selaku seorang wisatawan nantinya akan mudah menemukan oleh-oleh ini. dikarenakan, oleh-oleh ini akan banyak di perjual belikan di setiap baazar. Paling banyak nantinya di baazar tersebut yang kalian temui ialah pisau atau belati dengan sebutan pichok. Sedangkan untuk logamnya sendiri yang paling terkenal ialah perhiasan yang berasal dari kota Tashkent, Kota Bukhara, serta Kota Samarkand.

Jika di Indonesia perhiasan dipergunakan untuk kecantikan dan juga ajang pamer bagi kebanyakan ibu-ibu sosialita yang ada nih, berbeda sekali sangat amat jauh dari orang Uzbekistan. Dimana memang fungsi utama perhiasan disana untuk mempercantik diri namun, kegunaan lainnya sebagai salah satu Jimat yang sekiranya bisa melindungi mereka semua. Bisa diambil contoh yakni kotak emas atau juga perak dengan adanya ukiran-ukiran do’a. Sudah bisa dipastikan, ini akan sangat mudah untuk kalian temukan. Jika tidak percaya, bisa langsung kalian buktikan jika sedang berlibur ke negara tersebut.

# Pakaian Tradisional Uzbekistan

Jika wistawan luar bermain ke Indonesia, entah ke pulau jawa atau pulau lainnya yang ada, pastinya dong akan disuguhkan kerajinan seperti pakaian tradisional dari negara kita ini. sama halnya dengan orang Uzbekistan, ketika kalian sedang mencari beebrapa oleh-oleh yang bisa di bawa ketanah air, pastinya kalian akan di referensikan untuk membeli pakaian tradisional yang dimiliki oleh orang Uzbekistan sana. Kita punya Suzzana disana punya Suzani ( Sulaman Tradisional ).

Sulaman ini pun juga berbeda-beda dari tiap tempatnya loh, seperti ;

  • Suzani dari Samarkand & Bukhara.
  • Sulaman dengan bordir tradisional dari Kashkadarya.

Selain dari sulaman yang rumit, sulaman emas, sulaman bordir, disana juga diperjualkan mantel berbulu dengan topi bulu juga loh. Dibuatnay sendiri asli dari bahan dasar bulu domba karakul. Dimana tipenya sendiri sangat hangat, tebal, serta berkilau. Tapi kurang lebihnya 70% wisatawan menyukai untuk berbelanja topi tradisional dengan nama Tubeteika.

# Terjualnya Karpet / Kain

Karena Uzbekistan ini mirip-mirip dengan negara Turki, penjualan oleh-oleh ini seperti karpet atau juga kain mendominasi di negara tersebut. dimana disini yang terkenal sekali akan penjualannya adalah Kain Ikat. Dimana dengan menggunakan kain ini, akan tercipta sautu pola yang sangat rumit dan juga ribet. Selain dari itu oleh-oleh seperti karpet menjadi incaran para wisatawan juga loh. Dimana ketika kalian mampir ke kota Bukhara, Samarkand, Kokand, Shakhrisabz serta Karakalpakstan merupakan kota yang sangat terkenal akan permadani atau karpet yang memiliki desain unik.

“ Tanah Abang juga banyak, timbang karpet sama kain aja mah “… ya pemikiran warga plus62 memang begitu. Tapi jangan samakan dengan karpet dan kain yang dijual belikan di Tanah Abang ya guys. Mohon maaf, karpet disini bahannya sudah teruji bagus dengan perpaduan bahan Sutra, Wol yang dikombinasikan. Kebayang dong alus pisan euyyyy.

Selain dari oleh-oleh tersebut, kalian masih bisa menemukan banyak sekali buah tangan lainnya yang bisa kalian berikan ke teman-teman kalian, saidara kalian, atau juga pasangan kalian.

Souvernir Unik Lainnya

# Adanya Botol Anggur : ini merupakan salah satu souvernir yang bisa kalian bawa pulang. Dimana para wisatawan bisa menikamti minuman wine atau anggur yang dibuat khusus oleh para pembuat wine disana. Untuk hrganya sendiri juga tidak mahal ko, jadi tidak terlalu banyak menghabiskan uang deh.

# Alat musik khas Uzbekistan, bisa sekali kalian bawa pulang sebagai kado ke teman kalian mungkin yang sedang ulang tahun dan kebetulan suka sekali dengan berbagai amcam peralatan musik yang ada. Dimana kalian memberikan alat musik khas sana dengan bentuk yang unik-unik.

Itu semua merupakan oleh-oleh ataupun souvernir khas dari Uzbekistan yang bisa kalian beli dan bawa pulang kerumah kalian masing-masing. Biar kalian bisa menemukan dan membeli semuanya, Kalian juga harus tahu mengenai batasan dari bea cukai yang ada di Indonesia ya.