Mengenali lebih dalam tentang negara Uzbekistan!

Uzbekistan adalah negara yang berada dalam antar benua yang telah terletak, yakni benua Asia tengah dengan benua Eropa Timur yang sebelumnya menjadi negara Uni Soviet. Negara yang satu ini merupakan salah satu negara yang dimana memiliki banyak wilayah daratan dibandingkan dengan wilayah perairan. Negara Uzbekistan ini akan langsung berbatasan disebelah barat dan utara dengan negara Kazakhstan, dan pada wilayah timur terdapat negara Kirgiztan dan Tajikistan, lalu pada wilayah sebelah selatan terdapat negara Afghanistan dengan Turkmenistan. Bahasa yang digunakan sebagai bahasa resmi di Uzbekistan adalah bahasa turkik. Ingin tahu lebih lanjut mengenai negara Uzbekistan? Yuk, segera simak artikel berikut ini!

Sejarah akan negara Uzbekistan

Telah diketahui, bahwa Uzbekistan masuk kedalam wilayah yang telah dihuni sejak masa Milenium kedua sebelum masehi. Adapun temuan-temuan berbagai macam perkakas purba manusia serta berbagai macam monumen-monumen yang telah ada di suatu daerah di Uzbekistan, yakni daerah Ferghana, Tashkent, Bukhara, serta Khorezmn, dan Samarkand ini telah menjadi bukti yang sangat kuat bahwa negara Uzbekistan telah dihuni sebelum masehi. Selain itu, penemu negara Uzbekistan ini, yakni Alexander Agung telah menaklukan Sogdiana dan Baktria pada tahun 327 sebelum masehi dan telah menikahi perempuan yang bernama Roxana. Roxana sendiri, ialah seorang anak dari adanya ketua suku Baktria setempat. Namun, rupanya penaklukan tersebut pun tidak banyak yang menolong Alexander yang disebabkan karena rakyat terlalu melawan dalam keadaan sangat sengit, sehingga terjadinya tentara Alexander yang telah terpukul di wilayah ini.

lalu, secara berabad-abad wilayah Uzbekistan kemudian telah diperintah oleh sebuah kekaisaran di negara Iran, ialah kaisar Parthia dan kaisar Sassanian. Setelah berabad-abad kemudian, pada abad ke-14 Masehi, wilayah timur yang dikenal dengan Timur Lenk ini rupanya telah mengalahkan bangsa Mongol untuk membangun sebuah bangunan yang disebut dengan imperium. Dalam peperangan tersebut, rupanya Timur Lenk telah memperluas wilayahnya sampai kewilayah timur tengah. Kemudian, ia pun mengalahkan Sultan Ottoman Bayezid I. Telah diketahui, bahwa Bayezid kemudian ditangkap dan telah meninggal pada masa tahanan tersebut. kemudian, Timur Lenk kembali berusaha untuk membangun ibu kota nya tersebut dalam bangunan imperiumnya dikota Samarkand. Saat ini, Timur Lenk pun telah dianggap sebagai salah satu pahlawan yang paling besar dan kuat dinegara Uzbekistan yang kemudian memainkan adanya peranan penting dalam identitas tersebut serta sejarah Nasional yang telah terjadi. Setelah jatuhnya Imperium Timur Lenk, kemudian sebuah kaum yang bernama kaum nomaden Uzbek pun dengan cepat merebut wilayah tersebut.

Abad ke 19

Pada abad ke 19 telah tejadi kekaisaran negara Rusia yang kemudian memuali ekspansinya untuk menyebar ke seluruh wilayah di Asia Tengah. Lalu, pada masa “permainan besar” atau persiangan konflik strategi yang terjadi pada kekaisaran Rusia untuk supremasi Asia Tengah tersebut rupanya dianggap dan telah berlangsung selama kurang lebih 1813 hingga adanya Konvensi Inggris-Rusia pada tahun 1907. Setelah melalui adanya Revolusi Bolshevik tersebut pada tahun 1917, tahap kedua pun terjadi tidak begitu intensif ketika berlangsung. Lalu, pada awal abad ke 19, adanya sebuah wilayah yang memiliki ukuran luas sekitar 3,200 km, wilayah tersebut rupanya yang telah memisahkan wilayah India Britania dengan wilayah-wilayah yang telah lama dimiliki oleh kekaisaran Rusia. Sampai saat ini, banyaknya dari daerah tersebut yang tidak terpetakan.

Geografi negara Uzbekistan

Uzbekistan merupakan negara yang memiliki luas wilayah sekitar 447.400 kilometer persegi, dan menjadikan negara Uzbekistan sebagai negara terbesar dalam urutan ke-56 di dunia yang diurutkan berdasarkan luas wilayah nya. Sampai saat ini, Uzbekistan masih menjadi negara terbesar ke-42 yang dihitungkan berdasarkan dengan jumlah penduduknya. Letak Uzbekistan ini berbatasan langsung dengan negara Kazakhstan dan laut Kirgistan di wilayah timur laut. Selain itu, Uzbekistan merupakan satu-satunya negara di Asia Tengah yang memiliki wilayah dnegan berbatasan langsung dengan wilayah Asia Tengah lainnya dan Uzbekistan pun telah mempunyai perbatasan yang sangat pendek dengan negara Afghanistan Selatan. Fakta lainnya, Uzbekistan merupakan salah satu negara yang telah terkurung daratan yang sangat kering dan juga tandus.

 

Nah, itu dia ulasan-ulasan serta sejarah mengenai negara Uzbekistan. Semoga artikel ini bermanfaat!